Roti Tissue [HIME]

Kalau ini sajian ala café yang pernah aku lihat di salah satu food court di Malang. Belum pernah beli, pernah lihat aja
Kebetulan kemarin habis beli tepung HIME sekarung (lebay ya). Sorenya hunting resep di tabloid Koki. Nemu resep ini deh. Gampang dan simple.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bahan :
200 gram tepung terigu protein tinggi (aku pakai HIME)
sedikit garam
140 ml air hangat (aku pakai sekitar 120 ml, karena tepungku sudah lembab, nggak perlu banyak air)
125 gram margarine, lelehkan

Cara :
1. Campurkan tepung dengan garam, tuang air sedikit demi sedikit. Jika sudah tercampur, bagi menjadi beberapa bagian (aku timbang @20gr) lalu bulatkan. Rendam dalam margarine leleh selama 15 menit.
2. Ambil 1 adonan, pipihkan sampai tipis. Masak di atas pan datar, bolak balik, bentuk kerucut, sisihkan.
3. Jika ingin membuat isian, masak adonan setengah matang, lalu beri isian dan digulung, kemudian dimasak lagi di atas pan sampai kecoklatan.

 

Kreasi Tissue Gulung

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Macaroni Schotel

Beberapa saat lalu kok pengen banget sama olahan pasta. Akhirnya pas ke SPM/TBK lihat sebungkus gede makaroni harga murce. Belilah ini. :P

Ngendon di kresek selama beberapa hari, baru kapan hari bikin. Dengan resep ala kadarnya dan memanfaatkan apa yang ada, jadilah begini.

Rasanya? Uenaakkk….. *entah apa besok bisa bikin yang seenak ini yak?*

 

Yuk cekidottt

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bahan :

100 gram makaroni pipa, rebus sampai aldente (3/4 matang), tiriskan

1/2 sdm tepung terigu, campur dgn sedikit air (+/- 25 ml), saring

1 butir telur

250 ml – 300 ml susu cair (sesuai selera)

garam (dirasa sampai pas asinnya)

Keju, parut

 

Tumis : 1 lembar smoked beef + sedikit bawang bombay + sedikit margarin. Tumis sampai wangi.

 

Cara :

1. Campurkan air larutan tepung, susu cair, telur, garam. Aduk rata.

2. Masukkan makaroni, bahan tumisan, dan keju. Aduk rata.

3. Masukkan ke dalam ramekin, taburkan keju parut, oven hingga matang.

4. Sajikan dengan saus dan mayonaise.

Apple Pie

Resepnya dari googling (sajian sedap atau apa ya?) dan tentunya dengan modifikasi (selalu deh). Pertama kalinya bikin ini, biasanya sih egg tart atau pie biasa. Pertamanya pesimis bakal enak banget dan mirip seperti yang temen minta (oh ini namanya ‘akibat dipaksa bikin sama te Pipit’).
Isian apelnya mantapp banget. Aku syuka. Wangi lemon dan rasanya kecut seger lemon dipadukan manis gula yang nggak terlalu mencolok serta cinnamon yang semriwing bikin pengen dan pengen lagi. *aih*
Karena mbikinnya berdua, jadilah lumayan cepet. Hehe. Seharusnya juga atasnya ditutup rapih cantik. Tapi adonan nyisa dikit, jadi seadanya ajah nutupnya. :P

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Bahan Kulit :
300 gram tepung terigu
50 gram butter dingin
75 gram margarine dingin
1 butir telur
Sedikit air es

Cara :
Campur semuanya dan gosok-gosok menggunkan jari hingga menjadi berbutir

Bahan Isian :
4-6 buah apel malang yang manis dipotong kecil
80 gram gula pasir
Sedikit cinnamon
1 buah lemon, parut kulitnya (jgn sampai kena yang bagian putih, pahit)
Sedikit perasan lemon (sesuai selera, jgn kebanyakan nanti kecut)
1 sdm larutan tepung, saring
½ sdm sampai 1 sdm butter (disesuaikan)

Cara :
Masak semuanya (kecuali larutan tepung dan butter) hingga gula larut dan apel menjadi juicy/agak layu. Masukkan larutan tepung dan butter, masak hingga mengental. Jangan lupa dicicipi untuk menyesuaikan rasanya dengan selera, ya.

Penyelesaikan :
1.    Pipihkan adonan pie pada cetakan. Beri isian apel yang sudah dimasak. Tutup bagian atasnya dengan adonan pie (kalau mau dibiarkan terbuka juga boleh), beri olesan kuning telur. Oven hingga matang.

Cheesy Klappertaart and Mango Juice

Apa kabar nih semuanya? Hehehe. Mohon maaf, lama nggak muncul ngeblog nih :D

Mumpung libur kerja, diniati bikin klappertaart, jadinya cuma 10 pcs. :P
Ini rasanya maknyusss banget. Pas menurutku. Dan nggak ribet, karena nggak perlu ngeluarin oven.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Bahan :
A
40 gr tepung terigu
5 gr tepung maizena
100 ml air panas

B
100 ml susu kental manis
100 ml susu cair
200 ml air
50 gr gula pasir
1 sdt vanili
sedikit garam

C (kocok rata)
2 butir telur ayam
100 ml susu cair

D
kelapa muda, cincang kasar

E
1 sdm margarin

F
Keju cheddar, parut

Cara :
1. Campurkan bahan A, saring ke dalam panci
2. Masukkan bahan B, campur dengan bahan A di dalam panci. Aduk rata. Masak dgn api sedang-kecil sambil diaduk searah, jgn sampai menggumpal di bagian bawah. Masak hingga hampir mendidih.
3. Masukkan bahan C, aduk perlahan hingga meletup-letup. Matikan api.
4. Masukkan bahan D, aduk rata.
5. Masukkan bahan E, aduk rata.
6. Tuang ke dalam wadah, beri parutan keju di atasnya. Simpan di lemari es.
7. Siap dinikmati.

Nahh, kalau yg satunya jus mangga. Bikinnya nggak perlu resep paten kan? :D

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Selamat menikmati (fotonya) :)

Donat-donat di hari minggu

Hehehehe. Ini menepati janji sejak beberapa minggu lalu ke Sheehan : bikinin donat!
Ah, padahal semalam pulang kerja lebih malam dr biasanya. Pagi ini bangun kepagian (hiks hiks nggak bisa bangun siang walau libur). Ya sudah setelah beres kerjaan ibu rumah tangga, beli bahan donat dan langsung uplek di dapur.
Wowww ternyata sudah lupa resep, bongkar2 lagi di blog.

Yang satunya pakai topping cream cheese, satunya disalut gula halus. UEnnaakkk

Oh iya, resep sepertinya udah ada di sini (ini resep andalanku). Ini aku sertakan resep topping cream cheese nya yaaa

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bahan :
75 gr cream cheese (pakai merk calf)
sedikit butter (sekitar 1/4 atau 1/2 sdt)
sedikit air utk campuran atau susu cair juga boleh

Cara :
1. Masukkan cream cheese dan butter ke dalam mangkuk ramekin/stainles, lalu di tim. MAsukkan sedikit air, tim hingga larut/mencair. Aduk-aduk.
2. Celupkan donat ke cream cheese, sajikan.

ini donat jadulnya OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pisang Kriuk, Red with Soda, Bolu Kukus Ny. Liem

Parade Postingan Telat Beuudddhhh

Ini sih bikinnya udah beberapa hari lalu. :P Cuma baru sempet upload sekarang. :D

Si pisang kriuk ini hasil eksperimen karena di 2 cafe berbeda pernah menyantap ini. Penisirin kok bisa uenak. Ealah ternyata pakai bread crumps yg putih itu. Tapi rasanya spesial lho. Kriuk.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pisang Kriuk :

Bahan

Pisang (aku pakai pisang tanduk, enak lagi pisang kepok)

2 sdm tepung protein tinggi

3 sdm tepung protein sedang

5 sdm gula pasir

5-6 sdm air

sedikit garam

Baluran : Bread crumps putih (pakai mama suka)

Cara : campur semua bahan, aduk. Celupkan pisang yang sudah dipotong. Gulingkan ke bread crumps putih. Goreng.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Untuk Red with Soda, gampang. Masukkan sirup merah ke gelas, tuang es batu, lalu pelan2 tuang air sodanya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kalau bolkus ny. liem juga pernah di posting, dan buanyak resep bersliweran juga.

Selamat menikmati (fotonya) yaaaakkk

Sandwich dan Brownies Kurma Almond

Hola all! Long time no see. Hehehe
Bulan ini semakin sibuk, karena mulai mengurusi franchise. Hiks. Semakin jarang nguplek dapur, kalah deh ilmunya sama yang lainnya. Pada makin josss pinternya. :D *aku cuma pinter ngelobi aja nih sekarang*
Ini aku punya sandwich yang sudah ku buat beberapa hari lalu tapi baru sempet diposting. :P
Kenapa sandwich? Karena suka ngiler tiap anak-anak kitchenku bikin orderan sandwich. Huwekekeke. Akhirnya bikin dewe di rumah. Bikinnya super gampang lho. Cucok untuk sarapan di rumah.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bahan Sandwich :
3 lembar roti tawar kotak. Masak sebentar di teflon, sisihkan.
Telur ceplok/mata sapi
Beberapa lembar selada
Beberapa iris tomat segar
Keju parut/lembaran
Sosis, panggang sebentar, iris tipis
Mayonaise, saus tomat dan sambal

Cara :
1. Ambil selembar roti tawar yang sudah diberi olesan mayonaise dan saus-sausan. Letakkan selada, beri potongan sosis dan tomat, beri parutan keju dan coretan saus n mayonaise. Tumpuk lagi dengan roti, beri selada, telur ceplok, tomat, coretan saus n mayo+keju. Tumpuk lagi dengan selembar roti.
2. Beri tusuk gigi agar mudah untuk memotongnya.
3. Sajikan.

Nah selain sandwich, kemarin malam diriku juga bikin brownies kreasi baru. Wekekeke. Namanya brownies kurma almond. Rasanya? Uenak tenan wis!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bahan :
3 butir telur ayam
100 gram gula pasir
75 gram tepung
25 gram coklat bubuk
100 gram margarin, lelehkan
120 gram DCC, lelehkan
25 ml minyak
10-15 buah kurma, potong dadu
Almond

Taburan :
Kurma, potong tipis
Almond secukupnya

Cara :
1. Adu telur dan gula menggunakan whisk sampai merata.
2. Masukkan tepung dan coklat bubuk, aduk rata.
3. Masukkan margarin, DCC, minyak yang sudah dilelehkan. Aduk rata.
4. Masukkan kurma dan almond, aduk dengan spatula.
5. Masukkan adonan ke dalam loyang beralaskan kertas roti. Tabur dengan irisan tipis kurma dan almond. Oven sampai matang.
6. Sajikan

Rasa brownies ini uenak bangeettt loh.. Ciyusss deh!

Tofu Taart

Huaaa.. Aku lupa resep klappertaart tahu! Astaghfirullah..

Ya sudah bikin aja resep baru (menghibur diri) yang rasanya juga sama. Enaakkkkkkkk
Oh ya, properti ini (ramekin, piring, dll) baru ku beli, lho. Hehehehe. Rencananya untuk foto-foto besok with Momichu Photography. Yeah, proyek buku segera dimulai! Mohon doanya ya teman-teman..

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bahan :
150 gr gula pasir
1/4 sdt  garam
1/4 sdt vanili cair
2 sachet SKM/susu kental manis
700 ml air
200 ml air+75 gram tepung, aduk, saring (disebut larutan tepung)
250 gram tofu/tahu sutra, hancurkan kasar dengan garpu
50 ml air+1 butir telur, kocok lepas (disebut larutan telur)
20 gram unsalted butter (butter tawar)
20 gram margarin
keju parut untuk taburan di atasnya

Cara :
1. Masukkan gula pasir, garam, vanili, susu kental manis, air, dan larutan tepung ke dalam panci. Masak dengan api sedang sambil diaduk sampai semuanya hampir mengental. (Pengadukan menggunakan sendok kayu/spatula kayu agar bisa mengaduk sampai ke bagian bawah. Selain itu pengadukan dilakukan searah sambil tersenyum manis. Percayalah, jika suasana hati tidak sedang baik, maka makanan apapun yang dibuat terasa tidak enak)
2. Jika sudah hampir mengental, masukkan tofu. Aduk sampai adonan mengental dan mendidih. (Pada tahap ini, adonan akan bergelembung menuju tengah)
3. Matikan kompor. Masukkan larutan telur, aduk rata, nyalakan kompor. Biarkan sampai mendidih.
4. Jika sudah mendidih dan matang, matikan kompor, diamkan sebentar.
5. Masukkan butter dan margarin, aduk rata.
6. Adonan siap dituang ke dalam wadah.
7. Beri parutan keju, diamkan Tofu Taart dalam lemari es sampai set/dingin.
8. Sajikan.

HOT Sushi

HOT Sushi

Sushi ala kadarnya nih. Wong isenggg pol lihat nori yang nganggur dan manggil-manggil. Hehehehe. Ditambah sore td nasi baru matang, baunya mantep deh.
Yuk bikin..

OLYMPUS DIGITAL CAMERA1. Nasi putih hangat/panas2 dari magic com
2. Nori (pakai merk mamasuka)
3. Isian (pakai kornet matang)
4. Abon cabe rasa teri medan (ini yg buatan Malang/lokal)

Cara :
1. Siapkan selembar nori, berikan sedikit nasi (dikit aja loh biar bisa digulung). Berikan sedikit kornet dan abon cabe. Lalu gulung.
2. Padatkan, potong.
3. Sajikan.

Jangan lupa, abis makan minum yang banyak (Abon cabenya pedes)

 

 

 

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA