Bolu Karamel Resep Nenek

Resep turun temurun dari nekku yg asli sunda (tasik). Nek dituruni dari mamihnya. Mamihnya dituruni dr mamihnya lagi. Yah kira2 namanya resep leluhur lah. Ukuran aja pake gelas belimbing. :D jaman dulu blm ada timbangan gitu ya.. hehe.

Bikinnya ga perlu pake mixer, aduk2 pake whisk udah cukup, yg ptg rata aja.

 

Bahan karamel :

1/2 kg gula pasir

3 gelas belimbing air panas

 

Cara membuat karamel :

1. Masak gula pasir sampai cair seluruhnya. Lalu masukkan air panas perlahan-lahan. Aduk sampai mendidih dan merata semuanya. Sisihkan, biarkan dingin.

 

Bahan bolu :

7 butir telur ayam

1/2 kaleng susu kental manis (aku sekitar 125ml-an)

2 gelas peres tepung terigu (pake gelas belimbing, atau 240 gram, tadi udah aku timbang kok)

1 sdt soda kue (inget, jangan disunat! hihihi)

2 sdm margarin, cairkan

 

Cara membuat bolu :

1. Aduk/kocok telur ayam dan susu kental manis dengan whisk sampai merata.

2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk merata.

3. Masukkan soda kue, aduk.

4. Masukkan karamel yang sudah dibuat pada awalnya. Aduk merata.

5. Masukkan margarin cair, aduk rata.

6. Masukkan adonan ke dalam loyang bulat tengahnya (mirip donat, entah apa namanya) yang sudah dipoles margarin dan ditaburi merata dengan terigu hanya 3/4 saja.

7. Oven dengan suhu 175 derajat celcius sampai matang.

8. Angkat, sajikan hangat.

 

This slideshow requires JavaScript.